Wednesday, 14 Apr 2021

Manfaat dan Resiko Bila Redenominasi Mata Uang Terjadi di Indonesia?

Manfaat dan Resiko Bila Redenominasi Mata Uang Terjadi di Indonesia

Beberapa waktu ke belakang ini ada informasi dari media sosial mengenai kabar redenominasi mata uang. Redenominasi merupakan penyederhanaan mata uang dengan mengurangi beberapa digitnya. Indonesia memang terkenal dengan mata uangnya uang memiliki digit cukup banyak.

Namun, diketahui informasi tersebut adalah hoax dan telah dikonfirmasi oleh Bank Indonesia. Kendati demikian, tak ada salahnya jika Anda mengetahui lebih lanjut mengenai redenominasi yang satu ini. Yaitu sebagai berikut:

Manfaat Redenominasi Mata Uang

Jika negara Indonesia melakukan redenominasi, maka pastinya akan membawa manfaat. Bahkan rencana ini juga telah tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020. Berikut manfaat yang akan didapatkan:

  1. Kemudahan dalam Penghitungan dan Pencatatan Uang

Manfaat yang pertama ialah memberikan kemudahan perhitungan dan juga pencatatan. Kemudahan ini terjadi  baik pencatatan di suatu perusahaan swasta maupun di bidang pemerintahan.

Dengan angka yang tidak terlalu banyak akan mengurangi kesalahan perhitungan. Ya, Anda sendiri pasti juga sering mengalami kesulitan dalam perhitungan karena jumlah nol pada mata uang Indonesia sangat banyak.

  1. Dapat Meningkatkan Citra Mata Uang Negara di Dunia

Manfaat adanya redenominasi  juga dapat meningkatkan citra mata uang di Dunia. Dengan adanya redenominasi ada Rupiah, maka kuotasi terhadap dolar Amerika menjadi sama dengan negara lain. Hal ini dapat meningkatkan citra rupiah di mata dunia terhadap mata uang internasional tersebut.

Risiko Redenominasi Mata Uang

Walaupun memiliki manfaat yang cukup besar pada beberapa sektor, redenominasi juga memiliki risiko. Risiko ini adalah sebagai berikut:

  1. Munculnya Anggapan Sanering

Risiko pertama yang mungkin terjadi adalah munculnya sanering. Sanering adalah kegiatan mengonversikan mata uang sendiri ke dalam valuta asing. Hal ini dikhawatirkan terjadi pada sebagian pemilik modal.

Ditakutkan mereka melakukan konversi tersebut terhadap dolar. Padahal redenominasi ini hanya mengurangi jumlah digitnya saja. Bukan berarti dapat mengurangi nilai mata uang tersebut apalagi menyebabkan pengurangan daya beli.

  1. Potensi Kenaikan Harga yang Cukup Signifikan

Risiko yang lainnya adalah adanya kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini terjadi karena pada saat ini kita masih menggunakan banyak digit, sehingga harga bisa dibuat sesuai digit tersebut. Namun, jika terjadi redenominasi bisa terjadi pembulatan.

Pengusaha atau penjual pastinya tidak ingin membulatkan harga ke jumlah terendah pastinya untuk mendapatkan keuntungan besar akan dibulatkan ke atas. Alhasil harga berbagai barang akan naik signifikan.

Bagaimana jika Redenominasi Dilaksanakan di Indonesia

Setelah mengetahui tentang manfaat dan juga risiko adanya redenominasi mata uang, lalu bagaimana jika hal ini benar-benar dilaksanakan di Indonesia? Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Harus ada Dukungan Berbagai Lembaga dengan Masyarakat

Yang pertama adalah harus adanya dukungan dari berbagai pihak. Khususnya berbagai lembaga keuangan Indonesia seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan tentunya dari masyarakat.

  1. Sosialisasi Harus Dilaksanakan dengan Masif

Kemudian, jika redenominasi dilaksanakan maka sosialisasi harus dilakukan secara masif. Sosialisasi harus dilakukan di berbagai tempat baik di televisi, media sosial, dan lain sebagainya. Sebab mata uang yang sebelumnya akan ditarik dan digantikan dengan yang baru.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai redenominasi mata uang yang saat ini ramai diperbincangkan. Walaupun ada rencana tersebut, pemerintah masih tetap akan melakukan berbagai riset agar risiko dapat diperkecil. Hati-hati jika mendapatkan informasi, saring betul-betul dan pastikan informasi bukan hoax.

What’s your Reaction?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *