Wednesday, 14 Apr 2021

Alasan Bank Syariah Masuk Top 10 Global Islamic Bank

Alasan Bank Syariah Masuk Top 10 Global Islamic Bank

Setelah beberapa lama melakukan rencana mega merger bank syariah di Indonesia, akhirnya Bank Syariah Indonesia diresmikan BSI menggantikan tiga bank syariah terbesar di Indonesia yaitu Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah. BSI ditargetkan dapat masuk pada Top 10 Global Islamic Bank. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

Target Pasar Lokal Sangat Besar dan Sangat Potensial

Yang pertama Bank Syariah Indonesia memiliki pasar yang sangat potensial pada sektor lokal. Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam dan mereka lebih percaya pada Bank Syariah. Inilah yang memperkuat BSI untuk mendapatkan lirikan dari global.

BSI sangat mengedepankan pasar lokal karena potensinya yang sangat luar biasa. Potensi masyarakat dengan agama Islam pada tahun 2020 sendiri sudah mencapai 200 juta orang. Jumlah sebanyak ini merupakan yang terbanyak di dunia.

Belum lagi mengenai industri halal. Direktur utama BSI mengatakan bahkan pada tahun 2024 ke depan akan terjadi kenaikan sektor halal. Sektor ini akan membawa sekitar Rp4,8 ribu triliun. Tentunya hal ini menjadi suatu potensi yang sangat menguntungkan.

Menggunakan Beberapa Program dari Bank Syariah Sebelum Adanya Merger

Kemudian, alasan yang berikutnya adalah BSI menggunakan beberapa jurus dari bank syariah sebelumnya. Ya, diketahui BSI berasal dari mega merger antara Bank BNI syariah, Bank Mandiri Syariah dan Bank BRI Syariah. Ketiganya, sebelum adanya merger memiliki program tersendiri.

Program ini masih akan tetap dijalankan sesuai dengan sebelumnya, namun tentu dalam jumlah yang lebih besar. Sebab BSI telah menyatukan ketiganya. Program ini akan sangat mendukung BSI untuk masuk 10 bank Islam terbaik di dunia.

Misalnya saja pada program BRI syariah yang memfokuskan pada pengembangan UMKM di Indonesia. Ya, diketahui pertumbuhan UMKM di Indonesia ini sangat pesat dan memang didukung oleh pemerintah. Apalagi BSI kini juga akan ikut mendukung program tersebut.

Kemudian ada juga program dari BNI dan Mandiri Syariah yang bagus diterapkan. Yaitu, menyasar pada konsumen dan ritel. Sebelumnya mereka memberikan pembiayaan rumah dan juga kendaraan. Program ini dahulunya ditarget untuk PNS dan juga pegawai BUMN.

Program-program tersebut akan dilakukan kembali mengingat potensinya sangat besar. Inginnya, pada 5 tahun ke depan, BSI akan sangat fokus pada pasar domestik yang jumlah muslimnya terbesar di dunia ini.

Perencanaan yang Profesional dengan Ketersediaan Pasar yang Melimpah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, perencanaan tersebut dilakukan secara profesional dengan sistem yang telah diperbaharui pula. Adanya perencanaan yang profesional dan ketersediaan pasar yang melimpah membuat BSI yakin untuk bisa masuk ke pasar internasional. Keduanya menjadi kombinasi yang sangat seimbang untuk membuat BSI menjadi bank Syariah terbesar di dunia.

Melirik Pasar Global yang Cukup Menguntungkan

Selain fokus pada sektor domestik, Bank Syariah Indonesia juga akan masuk ke ranah internasional. BSI dapat mengeluarkan sukuk global maupun menjadi underwiter untuk BUMN sendiri dan juga korporasi. Dengan fokus pada domestik dan global diharapkan BSI bisa menjadi bank syariah yang besar di mata Internasional.

Itulah beberapa hal yang membuat Bank Syariah Indonesia digadang-gadang bisa masuk ke Top 10 Global Islamic Bank. Dengan seperti ini maka kekuatan bank syariah di Indonesia semakin kuat. Kuat itu bisa dikatakan dari Indonesia sendiri bahkan di dunia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan semoga Indonesia semakin maju dalam bidang keuangan

What’s your Reaction?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *